Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/MI/ PAKET A




Angka Partispasi Kasar (APK)Angka Partisipasi Kasar (APK), menunjukkkan partisipasi penduduk yang sedang mengenyam pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikannya. Angka Partisipasi Kasar (APK) merupakan persentase jumlah penduduk yang sedang bersekolah pada suatu jenjang pendidikan (berapapun usianya) terhadap jumlah penduduk usia sekolah yang sesuai dengan jenjang pendidikan tersebut.
APK digunakan untuk mengukur keberhasilan program pembangunan pendidikan yang diselenggarakan dalam rangka memperluas kesempatan bagi penduduk untuk mengenyam pendidikan. APK merupakan indikator yang paling sederhana untuk mengukur daya serap penduduk usia sekolah di masing-masing jenjang pendidikan. Nilai APK bisa lebih dari 100%.
Berdasarkan grafik diatas  pada Tahun 2016 menunjukkan bawah  provinsi dengan proporsi APK yang terdiri dari SD/MI/ Paket A,  tertinggi terdapat di provinsi Nusa Tengara Timur  yang berjumlah 116.46  APK SD/MI/ Paket A. Sedangkan yang terendah  terdapat di provinsi Papua  yang  berjumlah 95.15 APK SD/MI/ Paket A.