Angka Partisipasi Kasar (APK) SM/SMK/MA/ PAKET C




Secara konseptual, APK adalah proporsi anak sekolah aktif pada suatu jenjang pendidikan tertentu terhadap penduduk pada kelompok usia sekolah tertentu. Sejak tahun 2007 Pendidikan Non Formal (Paket A, Paket B, dan Paket C) turut diperhitungkan.Tujuan mengukur APK adalah untuk menunjukkan tingkat partisipasi penduduk secara umum pada suatu tingkat pendidikan di suatu wilayah/negara.
APK yang tinggi tentu menunjukkan tingginya tingkat partisipasi sekolah, tanpa memperhatikan ketepatan usia sekolah pada jenjang pendidikannya. Jika nilai APK mendekati atau lebih dari 100 persen menunjukkan bahwa ada penduduk yang sekolah belum mencukupi umur dan atau melebihi umur yang seharusnya. Selain itu juga dapat menunjukkan bahwa wilayah/negara tersebut mampu menampung penduduk usia sekolah lebih dari target yang sesungguhnya.

Berdasarkan grafik diatas  pada Tahun 2016 menunjukkan bawah  provinsi dengan proporsi APK yang terdiri dari SM/SMK/MA/Paket C,  tertinggi terdapat di provinsi Maluku yang berjumlah 95.13dari APK SM/SMK/MA/Paket C. Sedangkan yang terendah  terdapat di provinsi Papua  yang  berjumlah 66.97dari APK /SM/SMK/MA/Paket C.